Jumat, 16 Maret 2018

MENGAMBIL PELAJARAN HIDUP DARI STEPHEN HAWKING


Mengambil pelajaran hidup dari Stephen Hawking (dikutip dari berbagai sumber).

Stephen Hawking telah didiagnosis mengidap penyakit amytrophic lateral sclerosis sejak usia 21 tahun, di mana kebanyakan penderita penyakit ini tidak mampu bertahan hidup sampai lima tahun. Ia sendiri diprediksi hanya akan mampu bertahan 2 sampai 3 tahun saja. Namun ternyata 55 tahun bisa ia lalui, tetap terlihat kuat dan aktif berkarya hingga ajal menjemput.

Hawking memiliki motivasi yang dipegang teguh, diantaranya:

1. Berpikirlah seperti orang normal. Jangan jadikan kekurangan sebagai penghalang. Jika mereka bisa, andapun pasti bisa. Ia mengatakan, "Saya mencoba menjalani kehidupan yang normal semaksimal mungkin dan tidak memikirkan kondisi penyakit ini. Saya beruntung, penyakit saya berkembang lebih lambat. Artinya, saya tidak kehilangan harapan (untuk bertahan hidup)," seperti dikutip CNN, Rabu (14/3/2018).

2. Sesulit apa pun hidup ini, selalu ada sesuatu yang dapat dilakukan yang membuat anda sukses. Yang terpenting adalah semangat.

3. Untuk orang yang punya keterbatasan, maka berkonsentrasilah pada sesuatu yang tidak dapat diganggu dengan keterbatasan itu, jangan sesali hal-hal yang mengganggu. Jangan menjadi terbatas secara jiwa dan pikiran seperti halnya jasmani anda.

Jika Hawking tidak mempercayai adanya Tuhan (atheis) maka kita masih punya satu motivasi hebat yang tidak ia miliki yakni yakin bahwa Allah Yang Maha Menghidupkan, Maha Memelihara, dan hanya Dia Yang Maha Mematikan… Al Muhyi, Al Qoyyum, Al Mumiit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar